Mengenal Internet

MENGENAL INTERNET

Apa itu Internet?

Internet sendiri mempunyai banyak definisi, tergantung pada sudut pandangnya. Dari sudut teknis, internet adalah jaringan komputer dunia yang meliputi jutaan komputer. Komputer-komputer tersebut saling terhubung dan bisa saling bertukar informasi satu sama lainnya

Dari sudut ilmu pengetahuan, internet adalah perpustakaan besar yang di dalamnya terdapat jutaan artikel, buku, jurnal, kliping berita, foto, dan lain-lain dalam bentuk media elektronik. Orang bisa “berkunjung” ke perpustakaan tersebut kapan saja dan dari mana saja. Bagi yang suka berbelanja, internet merupakan pusat perbelanjaan terbesar di dunia.

Manfaat Internet

  • Komunikasi

Internet memungkinkan terjadinya komunikasi yang super cepat antara suatu pihak dengan pihak lainnya, tanpa mengenal batasan ruang dan waktu. Hal ini dimungkinkan karena jangkauan Internet yang telah meng-global. Asal kita mengetahui alamat seseorang atau suatu lembaga di Internet, kita dapat mengirim informasi kapan saja dan kemana saja di seluruh dunia dalam waktu yang sangat singkat dan cara yang sangat mudah. Internet juga dapat menghemat biaya komunikasi yang harus dikeluarkan.

  • Informasi

Seperti telah disinggung di atas, karena begitu banyaknya komputer yang terhubung ke Internet, dimana masing-masing komputer memiliki kandungan informasinya sendiri-sendiri, maka gabungan seluruh informasi di Internet sangatlah luar biasa. Internet merupakan sumber informasi yang melimpah (hampir tanpa batas) yang terus berkembang seiring dengan makin berkembangnya Internet itu sendiri.

  • Kolaborasi

Kolaborasi yang dimaksudkan di sini adalah suatu proses menyelesaikan suatu pekerjaan secara bersama-sama (team-work). Anggota tim bisa terdiri dari berbagai macam ahli dari berbagai bidang yang tersebar di berbagai negara di dunia. Internet merupakan media yang sangat membantu suatu kolaborasi yang biasanya terhambat oleh ruang dan waktu. Melalui Internet kita dapat melakukan suatu konferensi (conference) dengan berbagai pihak di mana pun mereka berada. Kita bahkan dapat mengerjakan suatu pekerjaan secara bersamaan melalui Internet.

  • Market Place baru (sarana perdagangan baru)

Bagaimana Menghubungkan diri ke internet?

Seperti terlihat pada gambar dan akan dijelaskan pada saat pelatihan berlangsung

Ada 2 (dua) macam cara kita dapat menghubungkan diri ke Internet, yaitu:

  • Dial-up Connection

Dial-up Connection merupakan koneksi ke Internet yang bersifat sementara. Untuk Dial-up Connection ini yang kita butuhkan adalah:

    • Perangkat keras (hardware):Komputer
    • Modem
    • Saluran Telepon

Perangkat Lunak (software): pada umumnya disediakan oleh ISP dimana kita berlangganan.Username (login) dan Password: disediakan oleh ISP dimana kita berlangganan, login tidak dapat diganti sedangkan password dapat kita ganti sendiri secara berkala untuk menjaga keamanan.

· Yang kita perlu kita lakukan adalah:

    • Berlangganan ke salah satu ISP terdekat
    • Memasang modem ke komputer kita
    • Meng-install software Internet yang disediakan oleh ISP
    • Menghubungkan diri (dial-up) ke ISP

Setelah komputer kita terhubung ke ISP maka saat itu pula komputer kita sudah terhubung ke Internet dan kita dapat memulai penjelajahan kita di Internet. Hubungan kita ke Internet hanya terjalin selama kita mempertahankan koneksi komputer kita ke ISP melalui modem. Begitu kita memutuskan hubungan modem ke ISP maka saat itu pula kompuer kita terputus dari Internet dan kembali berfungsi sebagai komputer yang biasanya kita gunakan.

Hubungan yang kita lakukan ke ISP adalah hubungan lokal (menggunakan pulsa telepon lokal) namun kita sudah bisa menjelajahi Internet dan mengunjungi tempat-tempat lain di seluruh dunia. Tentunya ‘kunjungan’ kita ke tempat-tempat lain tersebut bersifat maya (tidak nyata) karena kita hanya dapat melihat-lihat informasi yang terkandung di komputer-komputer lain di seluruh dunia yang terhubug ke Internet. Karena sifatnya yang maya inilah maka Internet dikenal sebagai cyberspace (dunia maya).

Dial-up Connection ini pada umumnya digunakan oleh pribadi-pribadi yang menginginkan untuk mengakses Internet dari rumah. Komputer yang digunakan untuk dial-up pada umunya adalah sebuah komputer tunggal (bukan jaringan komputer)

Dedicated Connection

Dedicated Connection bersifat menetap artinya hubungan ke Internet berlangsung selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu dan 365 hari setahun, non-stop. Jenis koneksi ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan atau institusi-institusi lain dengan jumlah karyawan dan komputer yang cukup banyak. Bila kebutuhan akses Internet sudah sangat besar maka adalah tidak efisien untuk menghubungkan masing-masing komputer ke Internet dengan jenis koneksi dial-up. Dapat dibayangkan berapa banyak modem dan saluran telepon yang harus disediakan dan berapa biaya telekomunikasi yang harus ditanggung perusahaan.

Suatu institusi yang menggunakan jenis koneksi ini akan membuat jaringan komputer lokal (Local Area Network – LAN) di lokasinya dan menghubungkan LAN mereka ke Internet melalui suatu ISP dengan hanya menggunakan 1 (satu) buah modem dan saluran telepon sewa (leased line) yang online selama 24 jam non-stop. Semua komputer yang terhubung ke LAN institusi tersebut akan memiliki akses ke Internet melalui jalur yang sama. Tentunya diperlukan peralatan tambahan untuk jenis koneksi.

Agar semua komputer yang ada dapat dibuat ber-jaringan, maka tiap-tiap komputer harus dilengkapi dengan Ethernet Card. Sebagai alat untuk membentuk jaringan adalah Hub. Agar jaringan lokal (LAN – Local Area Network) kita dapat disambungkan dengan Internet, maka LAN kita harus dihubungkan ke salah satu ISP melalui Router dan Modem khusus. Dengan cara ini hanya diperlukan satu jalur komunikasi untuk melayani semua komputer yang ada di LAN kita. Saat LAN kita tersambung ke Internet, masing-masing komputer di LAN kita seolah-olah menjadi bagian dari Internet itu sendiri.

Fasilitas Internet

  • WWW (World Wide Web)

www atau yang sering disingkat WEB, adalah bagian yang sangat menarik dari internet. Melalui WEB kita dapat mengaksesn berbagai informasi, dan informasi yang kita akses dapat berupa teks, gambar, video, audio, dan sebagainya. Untuk mengakses sebuah halaman WEB dibutuhkan sebuah aplikasi client atau browser yang digunakan untuk mengakses halaman WEB tersebut, contoh browser yang sering digunakan adalah Internet Exploler, Mozila, Nescape Navigator, dan sebagainya.

  • E-Mail (electronic Mail)

E-mail adalah surat elektronik yang dikirim melalui internet. Dengan fasilitas ini kita dapat mengirim atau menerima e-mail dari dank e pengguna internet diseluruh dunia. Jika dibandingkan dengan pos, fasilitas email jauh lebih cepat. Kita bias mengirim emai keteman yang berada diluar negeri hanya dalam beberapa menit dan jangan kuatir surat tersebut kene hujan dan hal-hal lainnya. Untuk mengirim dan menerima e-mail dibutuhkan program email yang disediakan oleh jasa penyedia layanan e-mail, dan program e-mail tersebut dapat diakses melalui sebuah WEB Browser, Yang perlu dilakukan hanya mengetik surat tersebut dan mengirimkannya. Tentunya sudah punya account e-mail dan tau alamat e-mail penerima yang akan kita kirim sebuah e-mail. Di internet juga banyak mailing list, fasilitas yang memungkinkan kita untuk saling berbagi informasi mengenai topic-topik tertentu dengan orang lain. Jika kita bergabung dengan salah satu mailing list, kita bias mengirim dan menerima kesemua anggota mailing list tersebut, untuk mailinglish akan dibahas dibagian selanjutnya.

Contoh:

alamat sebuah e-mail: sman1_cineam@yahoo.co.id

Untuk penggunaannya akan dibasan pada again selanjutnya.

  • Mailing List

ailing list adalah group diskusi dimana setiap orang bisa berlangganan dan berpartisipasi didalamnya. kita dapat membaca mail orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Secara sederhana, Mailing list adalah sebuah daftar alamat alamat email  yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama. Jika seseorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, terserah kita apakah kita ingin mereply mailnya, mengirim mail baru atau hanya membaca tanpa ikut berdiskusi.

Setiap kali kita atau orang lain mereply sebuah mail, mail tersebut didistribusikan ke setiap mail box masing masing orang yang terdapat di dalam daftar. Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager (MLM’S) atau Mail Servers.

Contoh sebuah group mailing list:

penggunainternet@yahoogroups.com

  • Chating

Chatting adalah suatu dari internet, artinga kita dapat berkomunikasi secara langsung dengan pengguna internet lainnya secara langsung, kta bias ngobrol dengan teman kita yang ada diluar negri secara langsung, baik itu hanya tulisan saja maupun dengan menggunakan video, jadi dengan video kita dapat melihat langsung orang yang sedang diajak ngobrol oleh kita. Program-program yang popular yang digunakan untuk chating seperti mIRC, YahooMessenger, dan lain-lain. Untuk penggunaannya akan dibasan pada again selanjutnya.

  • Search Engine

Search engine adalah sebuah website dimana orang bisa menggunakan website tersebut untuk mencari informasi tentang apa saja. Website itu memiliki semacam data base yang berisikan semua alamat-alamat website di seluruh dunia di internet dan juga keywordnya atau kata-kata yang ada di semua website itu tersimpan di dalam database itu. Jadi kalau misalnya kita mau mencari informasi soal misalnya masalah Kanker atau masalah penyakit apa saja, kita tinggal masukkan saja kata-katanya.

Misalnya kita ingin tahu mengenai penyakit kanker. Bahasa Inggrisnya kan Cancer, jadi kita pergi ke website search engine itu, masukkan kata Cancer, maka otomatis search engine akan menampilkan semua halaman website di seluruh internet yang berisikan informasi mengenai kanker.

Jadi itu sangat berguna bagi mereka yang ingin mencari informasi soal hal-hal tertentu yang memang sulit. Misalnya kalau ke perpustakaan kita mencari informasi kan harus repot, mencari bukunya dulu, raknya dimana dan lain sebagainya. Kalau di internet gampang. Tinggal masukkan kata yang dicari, otomatis dia akan memberikan informasi mengenai semua website yang dicari tersebut.

  • FTP (File Transper Protocol)

FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol, yaitu suatu
protokol yang digunakan untuk mentransfer file antar komputer di
internet. Jadi kalau mau upload ya harus menggunakan FTP. Contoh program-program FTP adalah WS FTP dan Cute FTP yang semuanya bisa didownload di http://www.sf.net.

  • Telnet

Telnet adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk bekerja dari jarak jauh. Misalkan komputer kita sudah terhubung ke Internet dan kita tahu alamat (server) tujuan, maka dengan menjalankan telnet, kita akan masuk ke server tersebut dan menjalankan perintah-perintah di server tersebut seolah-olah kita sedang berada di lokasi yang sama dengan server tersebut. Padahal mungkin saja kita sedang berada di belahan dunia yang lain. Pada umumnya selain untuk bekerja jarak jauh, telnet banyak dipakai untuk masuk ke katalog terpasang (online catalog) dari perpustakaan-perpustakaan di seluruh dunia yang sudah terhubung ke Internet. Dengan menggunakan katalog terpasang tersebut kita seolah-olah sedang berada di dalam perpustakaan yang bersangkutan, mampu menelusur koleksi yang dimiliki perpustakaan itu.

Pada perkembangannya fungsi katalog terpasang melalui telnet ini sudah banyak digantikan oleh katalog terpasang melalui WWW karena selain tampilan yang bagus juga sangat mudah penggunaannya karena kita tidak perlu mengetikan perintah (command) apa pun seperti yang masih harus kita lakukan melalui telnet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: